SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK N 1 BUKITTINGGI
MATA PELAJARAN : ILMU BAHAN BANGUNAN 1
KELAS/SEMESTER : 1/1
STANDAR KOMPETENSI : Siswa Memiliki Pengetahuan Tentang Macam-Macam
Material Bahan Bangunan dan pengujian agregat
No | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan |
1 | Siswa dapat memahami semen sebagai bahan perekat dalam kontruksi bangunan | · Sejarah semen · Pengertian semen dan unsur pokoknya · Proses pengolahan semen · Tipe-tipe semen dan pengunaan sesuai tipenya | Ceramah, Tanya jawab,studi lapangan | · Siswa dapat mengetahui sejarah semen · Siswa dapat memahami pengertian semen dan unsure pokoknya · Siswa dapat mengetahui proses pengolahan semen · Siswa dapat mengetahui tipe-tipe semen dan pengunaan sesuai tipenya | Latihan soal,tugas, dan ujian | 120 menit | Buku, bahan ajar |
2 | Siswa memahami batu bata sebagai bahan kontruksi bangun | · Pengertian batu bata/bata merah · Jenis-jenis batu bata/bata merah | Ceramah, Tanya jawab | · Siswa dapat memahami pengertian batu bata · Siswa dapat mengenali dan membedakan jenis-jenis batu bata | Latihan soal, tugas dan ujian | 60 menit | Buku, bahan ajar |
3 | Siswa dapat memahami kapur sebagai bahan kontruksi bangunan | · Pengertian kapur dan unsur pokok yang terdapat didalamnya · Proses pembuatan batu kapur · Kegunaan batu kapur | Ceramah, Tanya jawab | · Siswa dapat memahami pengertian batu kapur dan unsure pokok yang terdapat didalamnya · Siswa dapat memahami proses pembuatan batu kapur · Siswa dapat menjelaskan kegunaan batu kapur | Latihan soal, tugas, dan ujian | 90 menit | Buku, bahan ajar |
4 | Siswa dapat memahami kayu sebagai material bahan bangunan | · Pengetia kayu dan bagian-bagiannya · Keuntungan dan kerugian mengunakan kayu sebagai material bahan bangunan · Kerusakan dan cacat kayu · Kelas dan mutu kayu · Pengawetan kayu | Ceramah, Tanya jawab | · Siswa dapat memahami pengertian kayu dan bagian-bagiannya · Siswa dapat menyebutkan keuntungan dan kerugian mengunakan kayu sebagai material bahan bangunan · Siswa dapat memahami kerusakan dan cacat yang terdapat pada kayu · Siswa dapat menjelaskan kelas dan mutu kayu · Siswa dapat menjelaskan tujuan dari pengawetan · Siswa dapat memahami sifat-sifat bahan pengawet · Siswa dapat memahami pembagian kelas awet kayu | Latihan soal, tugas dan ujian | 120 menit | Buku, bahan ajar |
5 | Siswa dapat memahami Gips sebagai bahan kontruksi bagunan | · Pengertian gips dan klasifikasinya · Jenis-jenis gips · Cara pembuatan gips · Kegunaan gips | Ceramah, Tanya jawab | · Siswa dapat menjelaskan gips dan klasifikasinya · Siswa dapat memahami jenis-jenis gips · Siswa dapat menjelaskan proses pembuatan gips · Siswa dapat menjelaskan kegunaan gips dalam konruksi bangunan | Latihan soal, tugas, dan ujian | 90 menit | Buku, bahan ajar |
6 | Siswa dapat memahami keramik dalam suatu kontruksi bangunan | · Defenisi ubin keramik · Jenis ubin keramik · Proses pembuatan ubin keramik · Sifat fisik dan mekanik ubin keramik · Syarat mutu ubin keramik | Ceramah, Tanya jawab | · Siswa dapat menjelaskan pengertian ubin keramik · Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis ubin keramik · Siswa dapat memahami proses pembuatan ubin keramik · Siswa dapat membedakan sifat fisik dan mekanik ubin keramik · Siswa dapat menjelaskan syarat mutu ubin keramik | Latihan soal, tugas dan ujian | 90 menit | Buku, bahan ajar |
7 | Siswa dapat memahami genteng metal sebagai bahan penutup atap | · Pengertian genteng metal · Proses pembuatan dan syarat mutu genteng metal · Jenis dan macam-macam genteng metal · Spesifikasi genteng metal · Keungulan genteng metal | Ceramah, Tanya jawab, dan survey lapangan | · Siswa dapat menjelaskan pengertian genteng metal · Siswa dapat menjelaskan proses pembuatan genteng mrtal dan menentukan syarat mutunya · Siswa dapat memahami jenis dan macam-macam genteng metal · Siswa dapat menjelaskan spesifikasi genteng metal · Siswa dapat menjelaskan keungulan genteng metal | Latihan soal, tugas dan ujian | 100 menit | Buku, bahan ajar |
8 | Siswa dapat memahami ubin semen dan traso dalam kontruksi bangunan | · Pengertian ubin semen dan traso · Proses pembuatan ubin · Sifat, standar mutu, dan cirri-ciri ubin yang baik | Ceramah, Tanya jawab | · Siswa dapat menjelaskan pengertian ubin semen dan traso · Siswa dapat menjelaskan proses pembuatan ubin · Siswa dapat menjelaskan sifat, standar mutu, dan ciri ubin yang baik | Latihan soal, tugas dan ujian | 60 menit | Buku, bahan ajar |
9 | UJIAN MID SEMESTER | ||||||
10 | Siswa dapat memahami pengetahuan tentang aspal | · Pengertian aspal · Unsure-unsur aspal · Jenis-jenis aspal · Syarat mutu aspal | Ceramah, Tanya jawab | · Siswa dapat memahami pengertian aspal · Siswa dapat memahami unsure-unsur yang terkandung dalam aspal · Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis aspal · Siswa dapat menjelaskan syarat mutu aspal | Latihan soal, tugas dan ujian | | |
11 | Siswa dapat melakukan pengujian berat isi agregat (pasir dan kerikil) | · Pengertian berat isi agregat · Peralatan dan bahan yang digunakan dalam pengujian berat isi agregat (pasir dan kerikil) · Prosedur pengujian berat isi agregat (pasir dan kerikil) | Ceramah,Tanya jawab, demontrasi dan praktek | · Siswa dapat memahami pengertian berat isi agregat · Siswa dapat mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam pengujian berat isi agregat (pasir dan kerikil) · Siswa dapat melakukan pengujian berai isi agregat dengan baik dan benar | pelaksanaan pengujian dan Hasil pengujian | 135 menit | Buku,hand out dan job sheet |
12 | Siswa dapat melakukan pengujian kadar air agregat (pasir dan kerikil) | · Pengertian kadar air agregat · Peralatan dan bahan yang digunakan dalam pengujian kadar air agregat (pasir dan kerikil) · Prosedur pengujian kadar air agregat (pasir dan kerikil) | Ceramah,Tanya jawab, demontrasi dan praktek | · Siswa dapat memahami pengertian kadar air agregat · Siswa dapat mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam pengujian kadar air agregat (pasir dan kerikil) · Siswa dapat melakukan pengujian kadar air agregat dengan baik dan benar | pelaksanaan pengujian dan Hasil pengujian | 135 menit | Buku,hand out dan job sheet |
13 | Siswa dapat melakukan pengujian kadar Lumpur agregat (pasir dan kerikil) | · Pengertian kadar Lumpur agregat · Peralatan dan bahan yang digunakan dalam pengujian kadar lumpur agregat (pasir dan kerikil) · Prosedur pengujian kadar lumpur agregat (pasir dan kerikil) | Ceramah,Tanya jawab, demontrasi dan praktek | · Siswa dapat memahami pengertian kadar lumpur agregat · Siswa dapat mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam pengujian kadar lumpur agregat (pasir dan kerikil) · Siswa dapat melakukan pengujian kadar Lumpur agregat dengan baik dan benar. | pelaksanaan pengujian dan Hasil pengujian | 135 menit | Buku,hand out dan job sheet |
14 | Siswa dapat melakukan pengujian berat jenis agregat (pasir dan kerikil) | · Pengertian berat jenis agregat · Peralatan dan bahan yang digunakan dalam pengujian berat jenis agregat (pasir dan kerikil) · Prosedur pengujian berat jenis agregat (pasir dan kerikil) | Ceramah,Tanya jawab, demontrasi dan praktek | · Siswa dapat memahami pengertian berat jenis agregat · Siswa dapat mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam pengujian berat jenis agregat (pasir dan kerikil) · Siswa dapat melakukan pengujian berat jenis agregat dengan baik dan benar. | pelaksanaan pengujian dan Hasil pengujian | 135 menit | Buku,hand out dan job sheet |
15 | Siswa dapat melakukan pengujian pengabungan agregat dengan 2 metode - metode grafis - metode diagonal | · Pengertian pengabungan agregat · Peralatan dan bahan yang digunakan dalam pengujian pengabungan agregat · Prosedur pengujian pengabungan agregat | Ceramah,Tanya jawab, demontrasi dan praktek | · Siswa dapat memahami pengertian pengabungan agregat · Siswa dapat mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam pengujian pengabungan agregat · Siswa dapat melakukan pengujian pengabungan agregat dengan baik dan benar | pelaksanaan pengujian dan Hasil pengujian | 135 menit | Buku,hand out dan job sheet |
16 | UJIAN SEMESTER |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar